Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah
bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi
merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu
x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik
3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap
grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis.
3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini
video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam
video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil
grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Grafik
3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D
merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga
dimensi.
Suatu
objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan
pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke
dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah
objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah
objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah
atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya
yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D.
Di
dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card
(link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang
ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk
mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
1.
Bentuk Wire
Fungsi Wire merupakan implementasi dari object 3D berupa kerangka benda
yang berpusat pada asal pemodelan sistem koordinat.
Utara dan kutub selatan bola berada di Z positif dan negatif
sumbu-masing-masing dan meridian utama persimpangan sumbu X positif.
Berikut adalah list untuk bangun kerangka pada 3D:
a. Ukuran adalah
panjang sisi
void
glutWireCube(GLdouble size);
b. Fungsi
glutWireSphere dan glutSolidSphere membuat bola berpusat pada asal pemodelan
sistem koordinat. Utara dan kutub selatan bola berada di Z positif dan negatif
sumbu-masing-masing dan meridian utama persimpangan sumbu X positif.
void glutWireSphere(GLdouble radius,GLint slices,
GLint stacks);
c. Ukuran benda
ditentukan dari dasar jari-jari alasnya.
void glutWireCone(GLdouble base, GLdouble height,GLint
slices, GLint stacks);
d. Render ditentukan
melalui 12 sisi. Berpusat pada asal,dan dengan radius sama dengan kuadrat dari
3.
void glutWireTorus(GLdouble innerRadius, GLdouble
outerRadius, GLint nsides, GLint rings);
e. Renders padat atau wireframe 12-sisi biasa
padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sama dengan akar kuadrat
dari 3
void
glutWireDodecahedron(void);
f. Renders padat atau
wireframe 4-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius
sama dengan akar kuadrat dari 3.
glutWiredTetrahedron void (void);
g. Renders padat atau
wireframe 8-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius
sebesar 1.0.
void
glutWireOctahedr5(void);
h. Renders padat atau
wireframe 20-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius
sebesar 1.0.
void glutWireIcosahedron(void);
i. Render dengan membuat membuat poci teh
void glutWireTeapot(GLdouble size);
2. Gunakan beberapa fungsi tambahan untuk memanggil
fungsi reshape dengan cara menambahkan fungsi glutReshapeFunc (reshape);. Fungs-fungsi di bawah adalah
inisialisasi 3dimensi grafika komputer menggunakan opengl.
Kemudian tambahkan fungsi
Pada fungsi main tambahkan callback
function
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE |
GLUT_DEPTH | GLUT_RGBA);
glutReshapeFunc(resize);
init();
0 komentar:
Post a Comment