Pages

Wednesday, May 1, 2013

Objek 3 Dimensi Open GL


Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
1.    Bentuk Wire
Fungsi Wire merupakan implementasi dari object 3D berupa kerangka benda yang berpusat pada asal pemodelan sistem koordinat. Utara dan kutub selatan bola berada di Z positif dan negatif sumbu-masing-masing dan meridian utama persimpangan sumbu X positif.
Berikut adalah list untuk bangun kerangka pada 3D:
a.   Ukuran adalah panjang sisi
void glutWireCube(GLdouble size);
b. Fungsi glutWireSphere dan glutSolidSphere membuat bola berpusat pada asal pemodelan sistem koordinat. Utara dan kutub selatan bola berada di Z positif dan negatif sumbu-masing-masing dan meridian utama persimpangan sumbu X positif.
void glutWireSphere(GLdouble radius,GLint slices, GLint stacks);
c.   Ukuran benda ditentukan dari dasar jari-jari alasnya.
void glutWireCone(GLdouble base, GLdouble height,GLint slices, GLint stacks);
d.  Render ditentukan melalui 12 sisi. Berpusat pada asal,dan dengan radius sama dengan kuadrat dari 3.
void glutWireTorus(GLdouble innerRadius, GLdouble outerRadius, GLint nsides, GLint rings);
e.   Renders padat atau wireframe 12-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sama dengan akar kuadrat dari 3
void glutWireDodecahedron(void);
f.  Renders padat atau wireframe 4-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sama dengan akar kuadrat dari 3.
glutWiredTetrahedron void (void);
g.  Renders padat atau wireframe 8-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sebesar 1.0.
void glutWireOctahedr5(void);
h.  Renders padat atau wireframe 20-sisi biasa padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sebesar 1.0.
void glutWireIcosahedron(void);
i.    Render dengan membuat membuat poci teh
void glutWireTeapot(GLdouble size);

2.   Gunakan beberapa fungsi tambahan untuk memanggil fungsi reshape dengan cara menambahkan fungsi glutReshapeFunc (reshape);. Fungs-fungsi di bawah adalah inisialisasi 3dimensi grafika komputer menggunakan opengl.


          Kemudian tambahkan fungsi



Pada fungsi main tambahkan callback function 

glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_DEPTH | GLUT_RGBA);
glutReshapeFunc(resize);
     init();

0 komentar:

Post a Comment

Statistic

Buscar