OpengGL
menyediakan banyak fungsi untuk objek primitif termasuk titik, garis dan
lingkaran. Masing-masing perintah atau fungsi dalam OpenGL mempunyai format dan
struktur yang sama. Ini memudahkan untuk mengetahui bagaimana jalannya fungsi,
argumen yang dibutuhkan untuk melakukannya dan format tipe datanya.
Primitif objek terdiri atas :
·
Titik Yaitu
Vertex, dimana vertex merupakan acuan dasar
·
Garis Yaitu
Line/Edge
·
Bangun 2D (Face)
1.
Fungsi Dasar Menggambar Titik
Berikut adalah
beberapa fungsi didalam menggambar suatu titik :
- glVertex2i(x,y), yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa integer. Contoh glVertex2i(10,10);
- glVertex2f(x,y), yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. Contoh glVertex2f(10.0,10.0);
- glVertex2d(x,y), yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa double. Contoh glVertex2d(10.0,10.0);
2.
Primitif Objek
Berikut adalah
primitive objek yang akan dipergunakan didalam pembuatan suatu objek :
-
#define GL_POINTS
Primitif objek
ini dipergunakan untuk menciptakan suatu titik.
Syntaks :
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2(tipe_data)(koordinatX1, koordinatY1); ... glEnd
-
#define GL_LINES
Primitif objek
ini adalah suatu primitive objek guna menciptakan suatu garis.
Rumus :
∑vertex = 2N
Syntaks :
glBegin(GL_LINES); glVertex2d(X0,Y0); glVertex2d(X1,Y1); ...
glEnd();
-
#define GL_LINE_LOOP
Proses rendering
vertexnya adalah berurutan dari vertex pertama hingga akhir, jadi vertex
terakhir akan kembali atau terhubung ke vertex pertama.
-
#define GL_LINE_STRIP
Proses rendering
vertexnya adalah berurutan dari vertex pertama hingga akhir. Namun berbeda
dengan GL_LINE_LOOP, vertex terakhir tidak akan dirender atau tidak kembali ke
vertex pertama.
Rumus pada line strip :
∑vertex = N + 1
-
#define GL_TRIANGLES
Triangle atau
segitiga adalah tiga buah titik yang terhubung menjadi suatu segitiga dengan
blok di tengahnya. Pada penggunaan primitive objek ini kita harus menggunakan
minimal 3 buah vertex guna membentuk suatu objek.
Rumus : ∑vertex = 3N
Keterangan :
N = Jumlah Segitiga
-
#define
GL_TRIANGLES_STRIP. Pada triangles
strip jumlah vertex yang dipergunakan adalah 4 buah vertex.
Ilustrasi
-
#define
GL_TRIANGLE_FAN Triangles fan
adalah pembuatan suatu objek dengan menggunakan segitiga dimana hanya
menggunakan 1 titik pusat saja.
Ilustrasi :
-
#define GL_QUADS. Quad atau segiempat adalah empat buah titik yang
terhubung menjadi suatu segempat dengan blok di tengahnya.
-
#define GL_QUADS_STRIP. Pada quads strip
4 buah vertex merupakan 1 kelompok.
Ilustasi :
Langkah rendering pada
quads strip :
a.
Nomor yang
berhadap (membentuk 2 garis yang sejajar)
b.
Nomor ganjil
dengan nomor ganjil dipertemukan
c.
Nomor genap
dengan nomor genap dipertemukan
d.
Garis yang
tersisa akan dipertemukan
-
#define GL_POLYGON
Polygon
merupakan suatu fungsi yang mirip dengan polyline, tetapi menghasilkan kurva
tertutup dengan blok warna (fill). Rendering yang dimiliki oleh GL_POLYGON sama dengan GL_TRIANGLE_FAN
Bentuk
yang teratur :
Poligon yang teratur dapat dibuat dengan menggunakan
dimensi garis yang memiliki panjang tetap.
Untuk polygon yang teratur dapat dibuat dengan
menggunakan algoritma iterasi, tetapi untuk polygon yang tidak teratur
digunakan suatu array yang menyimpan suatu lokasi titik-titik sikunya.
Catatan :
a. glLineWidth
yaitu suatu fungsi yang berfungsi untuk mengatur tebalnya garis
b. glPointSize
yaitu suatu fungsi yang berfungsi untuk mengatur besarnya suatu objek
c. gluOrtho2D yaitu suatu fungsi untuk mengatur
proyeksi hasil eksekusi dan mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan
urutan kiri-kanan dan bawah-atas.
0 komentar:
Post a Comment